Rahasia Sukses Bisnis Toko Online

Bicara soal toko online tidak mampu tanggal dari fenomena penipuan toko online yg marak sekarang ini. Penipuan ini semakin menjamur serta terjadi setiap jam, setiap mnt bahkan mungkin setiap dtk (telah melebihi fungi sungguhan yg cuma muncul di trend hujan).

Rahasia Sukses Bisnis Toko Online Photo
Rahasia Sukses Bisnis Toko Online Source Google Image


Nah, jadi tak usah dipusingkan soal toko-toko online lain yg menipu warga , fokuslah pada pelayanan pelanggan serta kualitas produk. Insya Allah, Jika anda amanah, pembeli akan datang sendiri serta setia di toko anda.

1. Jangan Bikin Situs Toko Online menggunakan Sistem Belanja yang Ribet

berdasarkan pengalaman saya, sebagian besar  pebelanja online di Indonesia (asal mulai yg professor sampai bunda rumah tangga) semuanya lebih suka  berbelanja pada situs yang nda ribet. Ribet pada artian tidak harus mengklik sana-sini dalam prosesnya memesan produk.

Contoh sistem situs toko online yang ribet merupakan yg memakai sistem ‘add to cart’ serta yang harus mendaftarkan email terlebih dahulu lalu memasukkan nomer kartu kredit segala. Percaya deh, sampai saat ini pada Indonesia, makin ‘kebarat-baratan’ sistem belanja di toko online anda justru akan membuat calon pembeli makin curiga!

Bukannya saya mengatakan mereka gaptek ya. Tapi ya hampir-hampir kayak gitu jua sih… :)

Mudahkan sistem belanja mereka. Relatif sertakan nomer handphone serta alamat Facebook anda, segalanya jadi lebih lezat bagi mereka. Apalagi jika anda bersedia menerima telepon. Sebagian akbar konsumen online di Indonesia akan lebih suka  Bila bisa bicara pribadi menggunakan anda, SMS-an, BBM-an atau chatting.

    Lupakan sistem belanja toko online dengan script spesifik seperti yang kebanyakan digunakan di luar negeri. Aku  jamin pangsa pasar anda akan menyempit menggunakan penggunaan sistem canggih mirip itu! Setidaknya demikianlah kondisinya sampai saat ini.

2. Foto Berkualitas: harus Hukumnya!

Berdasarkan pengalaman saya, ini artinya salah  satu faktor yang menghasilkan toko online saya praktis diingat serta makin disukai para pembeli. Aku  upload foto-foto produk menggunakan kualitas yang baik berasal banyak sekali sisi. Ini sangat memudahkan pembeli buat melihat produk anda secara detail.

Coba bayangkan, foto-foto ini merupakan satu-satunya interaksi visual antara calon pembeli dengan barang yg akan dibelinya. Masak iya anda tega membiarkan calon pembeli anda cuma melihat bagian depan produk anda saja (itupun fotonya kabur)?

Saran aku , lebih seriuslah pada hal foto produk ini. Jika mampu, gunakan kamera DSLR buat mendapatkan ketajaman gambar yg maksimal . Jika kamera SLR terasa berat (baik asal segi harga maupun kameranya yg memang berat juga), anda bisa menggunakan kamera pocket tapi dibantu menggunakan pencahayaan lampu tambahan. Anda bisa memakai 2 lampu belajar buat membantu pencahayaan foto produk anda.

Kamera pocket yang saya sarankan artinya Canon S90, sebab kamera itu yang saya gunakan pada dua tahun terakhir dan  akibat gambarnya sangat luar biasa. Tapi kayaknya telah nda diproduksi lagi jadi anda bisa memakai adik-adiknya Canon S95 atau Canon S100.

3. Layanan yang Cepat serta Tanggap

Kecepatan pada melayani pembeli artinya salah  satu faktor yang memilih dalam hal kualitas pelayanan. Jangan abaikan pembeli anda kelamaan menunggu balasan SMS anda. Inilah resiko yang harus anda tanggung sendiri waktu anda belum mempunyai karyawan pada toko online anda. Anda dan  handphone anda wajib  melayani pembeli asal Sabang hingga Merauke!

    Jangan lupa satu hal: minat calon pembeli terhadap produk yg akan dibelinya mampu menurun (serta bahkan hilang) Jika anda kelamaan menjawab SMS pemesanannya.

4. Jangan Bekerja Sendiri!

Sesuai pengalaman di toko-toko online saya, satu faktor yg menghasilkan penjualan meningkat pesat dari ketika ke waktu adalah adanya reseller. Reseller adalah pihak-pihak yg menjual balik  produk anda kepada orang lain. Jadi anda perlu memberi bonus spesifik buat para reseller yang akan mereka jadikan selisih untuk keuntungan/untung mereka.

Buatlah sebuah laman pada toko online anda yg berisi perjanjian menggunakan reseller. Tentukan diskon   atau mungkin komisi yang mampu anda berikan kepada mereka berdasarkan jumlah barang tertentu.

Langkah selanjutnya artinya bersinar-sinar korelasi baik dengan para reseller tersebut serta jangan pernah mengecewakan mereka. Perlakukan mereka sebagai rekan usaha dimana ada hubungan saling membutuhkan. Jangan sok-sok berkuasa sama reseller, karena tanpa reseller anda akan pingsan dalam usaha menjangkau pasar yang luas seorang diri.

5. Bekali Diri dengan Pengetahuan Internet

Toko online artinya toko yg letaknya pada internet. Mirip halnya Jika anda menyewa lapak pada mall, anda wajib  kenali mall tersebut menggunakan baik. Anda harus mengkaji asal pintu mall bagian mana kebanyakan potensi pembeli produk anda masuk. Anda wajib  mempelajari apakah lokasi lapak anda di mall sudah relatif strategis buat jenis barang yg anda jual. Demikian pula halnya pada internet.

Pada internet, anda harus belajar di mana para calon pembeli anda seringkali nongkrong. Apakah di forum, kelompok di Facebook, atau kebanyakan datang berasal mesin pencari mirip Google, Yahoo! Ataupun Bing. Dengan mengetahui pangsa pasar anda pada internet, taraf penjualan mampu dimaksimalkan.

Banyak jurus yg mampu anda praktikkan buat menaikkan penjualan anda di internet. Galat satunya artinya dengan pengetahuan bagaimana agar kebanjiran order dari mesin pencari (Google). Jutaan orang menggunakan Google buat mencari barang yg mereka inginkan dan  ini adalah pangsa pasar yang luas Jika situs anda bisa ‘nongkrong’ di page akibat pencarian Google.

Jurus ini namanya SEO (Search Engine Optimization) alias Memaksimalkan Mesin Pencari buat keuntungan kita. Jurus ini tidak mampu saya tuliskan pada sini karena aku  belum terdapat rencana membuat jari-jari saya keriting hari ini.

Tapi sekali anda menguasai jurus ini, jutaan calon pembeli pada depan mata siap membuat anda kewalahan menerima pesanan!

Demikianlah beberapa saran sederhana yang justru ialah faktor-faktor penentu keberhasilan toko-toko online